Oleh 
Muhammad Hadidi
A.   Model Evaluasi dan Penugasan Berjenjang :
Ø 
Evaluai 6 bulan
Metode : Screning, debat kader dan pembuatan artikel
Ø 
Evaluasi 1 tahun
Metode : Screning, pembuatan artikel
B.   Sistem Pengawasan dan Pendampingan :
Proses pendampingan terhadap kader menjadl sangat penting dalam rangka
mendukung proses satu tahun yang digagas diatas menuju kehadiran kader.
Proses ini dilakukan dengan metode :
- Pendampingan secara cultural dengan model *Kakak asuh*, 5 kader 1 orang senior pendamping.
- Membangun jaringan pengaman kader persektor wilayah sesuai tempat tinggal dan domisili kader dengan pendamping dan pengaws yang ditunjuk oleh komisariat.
C.   Senior Course :
Metode –metode pembinaan dan sistem evaluasi di atas bermuara pada Senior
Course sebagai pelatih dan pematangan akhir bagi setiap calon senior dan calon
pimpinan komisariat yang diseleksi melalui beberapa tahapan selama proses 1
thun sehingga siap dilepas untuk berproses secara mandiri.
Target :
1.    Membangun komitmen, loyalitas, tanggung
jawab dan kemandirian
2.    Pematangan kepemimpinan dan manajerial
kader
3.    Penguatan pemikiran kader
     Materi : Lidership dan pemikiran
     Syarat :
1.   
Mengikuti tahapan
evaluasi 6 bulan dan 1 tahun
2.   
Mengikuti kursus
teologi dan filsafat
3.   
Mengikuti kursus
politik dan ideologi
4.   
Mengikuti diklat
penelitian
5.   
Mengikuti diklat
kepemimpinan dan manajemen organisasi
6.   
Mengikuti diklat
jurnalistik
7.   
Mengikuti kajian
keagamaan
8.   
Aktif pada forum
kajian-kajian rutin/bedah buku/sekolah kader
9.   
Memiliki minimal 10
referensi
     *( Untuk diklat dan kursus
minimal mengikuti 3 diklat/kursus )
     Pelaksana : 
1.   
Kordinator komisariat
2.   
Gabungan beberapa
komisariat berdasarkan kesepakatan
3.   
Cabang
Silabus Materi
| 
Materi | 
Tema | 
Sub Tema | 
| 
Materi I | 
Rekontruksi
  Filsafat Ilmu | 
Ø 
  Arti Penting 
Ø 
  Metode Berfikir
  Ilmiah, Sistematis 
Ø 
  Prsyarat Keilmuan (
  Filsafat ) 
Ø 
  Kesalahan Dalam
  Berfikir | 
| 
Materi II | 
Wahyu, Filsafat dan
  Akal | 
Ø 
  Reposisi Wahyu,
  Filsafat dan Akal 
Ø 
  Implikasi Teologis
  dan Rasional 
Ø 
  Kontribusi Bagi
  Pengembangan Peradaban | 
| 
Materi III | 
Teori-Teori Sosial | 
Ø 
  Macam-Macamnya : 
§ 
  Konflik 
§ 
  Struktural 
§ 
  Post Struktural 
Ø 
  Pokok Ajaran dan
  Tokoh 
Ø 
  Relevansi Bagi Masa
  Kini dan Masa Depan | 
| 
Materi IV | 
Ilmu Sosial
  Profetik | 
Ø 
  Sejarah
  Dimunculkannya 
Ø 
  Sistematika
  Ajarannya 
Ø 
  Nilai Penting | 
| 
Materi V | 
Ideologi-Ideologi
  Besar Dunia | 
Ø 
  Macam-Macamnya : 
§ 
  Kapitalisme 
§ 
  Sosilisme 
§ 
  Komunisme/Marxisme 
Ø 
  Sejarah 
Ø 
  Tokoh dan
  Ajarannya/Dokrinnya 
Ø 
  Sistematika/Struktur | 
| 
Materi VI | 
Hemeneutika | 
Ø 
  Sejarah 
Ø 
  Aliran/Tokoh 
Ø 
  Pokok Ajaran 
Ø 
  Kontribusi Bagi
  Perkembangan Intelektualitas | 
| 
Materi VII | 
Spiritualitas | 
Ø 
  Kelahirannya Dalam
  Pentas Modernitas 
Ø 
  Ruang Lingkup 
Ø 
  Spiritualitas dalam
  Agama Langit 
Ø 
  Nilai Strategis | 
| 
Materi VIII | 
Sekularitasme | 
Ø 
  Sejarah 
Ø 
  Sekularisme dan
  Sekularisasi 
Ø 
  Tanggapan
  Agama-Agama 
Ø 
  Nilai Strategis 
Ø 
  Kontribusinya dan
  Sikap Kita | 
| 
Materi IX | 
Filsafat Perennial | 
Ø 
  Sejarah 
Ø 
  Tokoh dan Ajarannya 
Ø 
  Dimensi Perennial
  Dalam Agama 
Ø 
  Kontribusi Bagi
  Pewujudan Tata Dunia Yang Harmonis | 
 

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar