23 Apr 2012

Achievment Leadership Training


Oleh:
Immawan Muhammad Hadidi

Tujuan
§  Memiliki ketrampilan manajemen sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
§  Memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri dan sifat-sifat dan kemampuan berorganisasi.
§  Memiliki dan mampu mengembang kan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
§  Mampu menerapkan dan mengem bangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
§  Mampu menerapkan kesadaran dalam berorganisasi.
No
Jenjang
Sifat
Tujuan
Waktu
1.
Pra Dasar
Semua kader.
§ Pengembangan wawasan dan sifat sifat ilmiah.
§ Manajemen pribadi.

14
2.
Dasar
Pimpinan Komisariat.
§ Manejemen Kegiatan.
20
3.
Menengah
Pimpinan Cabang.
§ Manajemen Organi sasi.
32
4.
Lanjutan
Pimpinan daerah.
§ Manajemen Opini Publik.
36

Tingkat Pra Dasar
(Pengembangan Wawasan dan Sikap Ilmiah)
Modul/Materi
Topik/Kegiatan
Metode
Waktu
1.  Sifat Kritis
1.  Persepsi.
2.  Kesalahan-kesalahan berpikir.
Eksperimen
Latihan
90’
90’
2.  Ketrampilan Berkomunikasi
1.  Mendengar aktif.
2.  Berbicara efektif.
Latihan
Latihan
90’
90’
3.  Pola Berpikir Prestatif
1.  Dasar konsep AKU.
2.  Sasaran, Resiko dan Kosekuensi.
Ceramah
Eksperimen
60’
120’
4.  Pengenalan dan Pengembangan diri
1.  Pengenalan diri.
2.  Pengembangan diri.
3.  Pribadi dan Organisasi.
Ceramah dan Latihan
Eksperimen
60’
60’
120’






A.   Tingkat Dasar
(Manajemen Kegiatan)
     Modul/Materi
Topik/Kegiatan
Metode
Waktu
1.  Perumusan gagasan awal.
1.  Analisis kondisi lingkungan.
2.  Perumusan gagasan awal.
Latihan dan penugasan.
Latihan dan penugasan.
120`

60`
2.  Penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan.
1.  Tolok ukur keberhasilan.
2.  Perencanaan jadwal kerja.
3.  Pengorganisasian kegiatan/kepanitiaan.
4.  Komunikasi antar unit kerja.
5.  Penjabaran gagasan awal.
Ceramah & latihan.
Latihan .

Eksperimen.

Eksperimen.

Penugasan.
60`
120`

120`

120`

30`
3.  Administrasi kesekretariatan.
1.  Administrasi kesekretariatan.
2.  Administrasi keuangan.
Ceramah.

Ceramah.
60`

60`
4.  Teknik pengendalian motivasi.
1.  Hakikat motivasi.
2.  Pengambilan keputusan.
3.  Pengendalian konflik.
Ceramah.
Latihan.
Eksperimen.
60`
90`
120`
5.  Pengembangan program kerja.
1.  Teknik penyusunan usulan kegiatan.
2.  Penyempurnaan usulan kegiatan.
Ceramah.

Penugasan.
60`

60`

Tingkat Menengah
(manajemen organisasi)
Modul/Materi
Topik/Kegiatan
Metode
Waktu
1.    Pengembangan wawasan.
1.    Etika diskusi ilmiah.
2.    Gaya kerja.
3.    Topik pilihan I.
4.    Topik pilihan II.
Ceramah.
Ceramah & simulasi.
Ceramah.
120`
120`
120`
120`
2.    Pengembangan sikap dan ketrampilan.
1.    Hakikat organisasi.
2.    Klasifikasi masalah organisasi.
3.    Pengukuran kinerja organisasi.
4.    Perumusan masalah.
5.    Penyusunan rencana pengembangan organisasi.
Ceramah.
Curah pendapat
Ceramah.
Latihan, Diskusi, dan Kunjungan
lapangan.
Diskusi.
Diskusi.
120`
120`
60`
120`
120`
360`
180`
180`
D.   Tingkat Lanjutan
(Manajemen Opini Publik)
Topik Bahasan
Sub Topik Bahasan
Metode
Waktu
1.  Nasionalisme dan globalisasi
1.  Sejarah perkembangan bangsa-bangsa.
2.  Interdependensi dan pembagian peran.
3.  Heterogenitas dan kemungkinan konflik horizontal.
4.  Mutual trust.
Tugas mandiri.
Kerja kelompok.
Diskusi pleno.
Ulasan ahli.
360`
2.  Nilai dan Visi masa depan.
1.  Demokrasi.
2.  Humanitas.
3.  Hak asasi manusia.
Tugas mandiri dan diskusi.
120`
3.  Indikator kesejahteraan.
1.  Ekonomi.
2.  Pendidikan.
3.  Kesehatan.
Tugas mandiri, diskusi dan Ulasan Ahli.
120`
4.  Sistem swabina.
1.  Pengertian sistem
2.  Ciri-ciri sistem
3.  Pengembangan sistem
Ceramah singkat. Tugas mandiri dan diskusi.
120`
5.  Analisa dan diagnosis situasi.
1.  Macam & sumber data/informasi.
2.  Analisa data.
3.  Diagnosis dan solusi.
Tugas mandiri.
Kunjungan lapangan, dan diskusi.
720`
6.  Manajemen wacana publik.
1.  Analisa wacana.
2.  Strategi sosialisasi wacana.
Tugas mandiri.
Ceramah, diskusi, dan presentasi.
720’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar