17 Jun 2012

Metodelogi Penelitian



Analisis masalah pada
Analisis Wacana Kritis : pada  teks pemberitaan Media
Hebohnya si keong racun “


Disusun
Oleh:
Mohd Hadidi
201010020311017
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2012
   Pada kesempatan kali ini, dengan kemampuan yang ada,  penulis mencoba menganalisis masalah pada  hasil analisis  wacana kritis  pada teks pemberitaan “Hebohnya Si Keong Racun” sebuah pemberitaan yang mencuat di media massa pada tahun 2011 lalu, tentang rekaman vidio Keong Racun yang di  perankan Shinta dan Jojo, yang menjadi  isu hangat pada masa itu dan dimana-mana pemberitaan sangat mencuat di pandangan pablik, banyak media massa yang melirisnya, terutama di media elektronik, seperti di situs Yutube, Web, Blog maupun di akun facebook dan  Twitter  dan perna juga di muat pada Jakarta MI (Majalah Indonesia). Untuk itu meskipun sudah tergolong lama, penulis tertarik dengan hasil analisis “Hebohnya Si keong Racun” .
  Sebagaimana kita ketahui di Indonesia, berita yang sangat cepat mencuat di hadapan publik, bisa dikatan  yang berhubungan dengan dunia hiburan dan  juga dunia keriminalitas terkhusus lagi, atraksi atau penampilan yang aneh-aneh dan jarang di pernkan orang lain, baik berupa hal yang positif maupun maupun sesuatu yang berbau negatif. Maka  tidak jarang sampai sekrang  issu yang sangat populer di Indonsia dan hingga beberapa bulan menguasai pemberitaan media diantaranya, Issu keong Racun atau yang terkenal “Hebohnya Si keong Racun”, yang diperankan Sinta dan Jojo, Atraksi Angota berimob Gorontalo Akp Norman yang menganyikan lagu ala india beserta atraksinya Caya,cayy…, Vidio Asusila yang melibatkan penyanyi peterpan Aril dan Artis ternama  Luna Maya, sampai Kasus Korupsi Gayus, Malinda De,hingga sekrang kasus korupsi Nasaruddin dan  Anjelina Sondakh,mantan Mis Indonesia, yang juga anggota DPR. Untuk itu marilah kita memulai menganalis tentang hebinya Si keong racun.
  Sebulm kita meranjak pada permaslaha yang bisa kita analisi pada teks pemberitaan di media tentang keong racun penulis menguti beberpa cuplikan beita yang di muat di media tengan keong racun sebagai berikut,
   Durasi 5.24 menit yang menggemaskan. Tampil duet dengan dibumbui kata-kata bahasa Indonesia kemudian diaduk berbagai aneka istilah-istilah Betawi, serta digincu kata bahasa Inggris, Sinta dan Jojo dinobatkan sebagai seleb internet dadakan dengan tembang andalan Keong Racun. Yang patut diacungi jempol, keduanya mencipta dan membongkar serta meracuni hasrat purba manusia yakni membuncahnya cinta bercampur hasrat. Buktinya? Wacana berkobar di antara pengguna twitter membincangkan olah vokal dan olah tubuh dari dua dara anak baru gede (ABG) itu. Sampai-sampai ada yang merespons sinis penampilan Sinta-Jojo yang mengusung genre dangdut. “Keong Racun, apaan tuh. Penampilannya biasa-biasa aja,” tulis seorang penanggap. ” (dimuat di  JAKARTA MI (Media Indonesia.com) jam 10.25 Wib.Tahun 2011 )
“Awalnya sih hanya iseng. Saya dengan Shinta kan sudah berteman sejak dari SMA. Kemudian sekitar satu bulan lalu, saya iseng merekam adegan nyanyi berdua denga Shinta di rumah saya di Cimahi. Suaranya sih suara penyanyi aslinya. Kita hanya lipsync saja,” kata Jojo saat ditemui wartawan di Kampus Unpas Jalan Lengkong Besar, Kamis siang (29/7).
“Kalau pilihan lagu Keong Racun atas rekomendasi teman. Ada yang ngasih tahu, coba download lagu Keong Racun. Awalnya saya gak pernah denger lagu itu. Pas didengerin, sempet kaget, ternyata liriknya aneh,” kata Jojo seperti dikutip dari sebuah
situs warta nasional.
jam 10.25 WIB.”
 Efek bola salju menggelinding. Berbekal saran sohibnya, Jojo meng-upload-nya lewat situs Youtube. Selang tiga hari, video itu menghiasi sebuah forum internet dan membuat heboh.Tembang Keong Racun serta merta meroket di ranah dunia maya, bahkan membombardir situs mikroblogging twitter dan mengungguli warta kisruh tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward.
 Dari beberrapa cuplikan diatas yang dimuat oleh media, maka penulis juga memasukkan disini analisis wacana kritis dari pemberitaan “Hebohnya Si Keong Racun” untuk itu marilah kita simak hasil analisisnya sebagai berikut :

JAKARTA–MI: Durasi 5.24 menit yang menggemaskan. Tampil duet dengan dibumbui kata-kata bahasa Indonesia kemudian diaduk berbagai aneka istilah-istilah Betawi, serta digincu kata bahasa Inggris, Sinta dan Jojo dinobatkan sebagai seleb internet dadakan dengan tembang andalan Keong Racun.Yang patut diacungi jempol, keduanya mencipta dan membongkar serta meracuni hasrat purba manusia yakni membuncahnya cinta bercampur hasrat. Buktinya?
  Wacana berkobar di antara pengguna twitter membincangkan olah vokal dan olah tubuh dari dua dara anak baru gede (ABG) itu. Sampai-sampai ada yang merespons sinis penampilan Sinta-Jojo yang mengusung genre dangdut. Keong Racun, apaan tuh. Penampilannya biasa-biasa aja,” tulis seorang penanggap.  Dengan sesekali menyungging senyum, menyibak rambut hitamnya, menggeleng-gelengkan kepala dan mendaratkan telunjuk ke pipi wajah bening, kedua mojang Bandung itu melakonkan salah satu parodi dari masyarakat yakni mesin hasrat (desire machine) untuk tak berkesudahan menenggak miras oplosan bermerek kenikmatan demi kenikmatan. Hati pria mana yang tidak deg-degan.
    Betapa tidak? Ketika merangkai kalimat demi kalimat dalam balutan nada demi nada, Subur Tahroni sebagai pencipta lagu mengisahkan kepada publik mengenai seseorang berpembawaan serba berkecukupan dengan berpanggilan sebagai Jack. “Sorry sorry sorry Jack”.Dengan bermodalkan harta berlimpah, abang Jack menyandang predikat sebagai koboy kucai. Olok-olok bagi mereka berpenampilan sok jawara.

   Refrain lagu yang menggebrak dengan membidik kata-kata pamungkas, “Dasar kau keong racun. Baru kenal eh ngajak tidur. Ngomong nggak sopan santun. Kau anggap aku ayam kampung….”Rupanya si Keong Racun Jack menyamaratakan perempuan sebagai sosok gampangan, sampai-sampai melecut istilah “ayam kampung” karena baru kenal langsung tancap gas mengajak tidur. Weleh, weleh. Bahkan, penulis lagu kemudian memuncaki profil laki-laki itu sebagai sosok yang memperlakukan perempuan secara tidak semestinya dengan menganggap perempuan tidak lebih dari sekedar barang dagangan atau komoditi.
     Lagi-lagi si Jack mengajak check-in di hotel dan menikmati waktu-waktu santai secara plus plus plus. Ujung-ujungnya, “Kau rayu diriku. Kau goda diriku. Kau colek diriku. Eh ku takut sekali”.Lagu yang dinyanyikan kali pertama oleh Lisa kemudian dibawakan secara lipsync (menggerakkan bibir sesuai lirik, seakan-akan sedang bernyanyi) oleh Jovita Adityasari alias Jojo (19) dan Sinta itu menyiratkan pemberontakan atas anggapan bahwa tubuh serta-merta dapat dibendakan atau dijuabelikan atau bahkan dikomodifikasi di pasar Happy Happy.
     Dikisahkan pula oleh penulis lagu bahwa, “Tanpa basa basi kau ngajak happy happy. Eh kau tak tahu malu. Tanpa basa basi kau ngajak happy happy”. Bukan kebetulan ada pengulangan empat kali kata happy.Ada hikmat yang mau dibidik dan dihantar kepada pemirsa, yakni mengulang adalah induk dari proses pembelajaran. Dalam bahasa Latik klasik: Repetitio est mater studiorum. Jangan dulu berhenti. Lagi-lagi ada penyangatan dari bahasa tubuh si Jack yang mengumbar cinta berhasrat-nikmat dengan mulut kumat kemot menyusul sepasang matanya melotot setelah melihat body semok, alhasil pikiran jorok.
    Teks Keong Racun menyergap pikiran setiap insan muda meski Jojo mengutarakan aksinya bersama Shinta sebagai hanya iseng.“Awalnya sih hanya iseng. Saya dengan Shinta kan sudah berteman sejak dari SMA. Kemudian sekitar satu bulan lalu, saya iseng merekam adegan nyanyi berdua denga Shinta di rumah saya di Cimahi. Suaranya sih suara penyanyi aslinya. Kita hanya lipsync saja,” kata Jojo saat ditemui wartawan di Kampus Unpas Jalan Lengkong Besar, Kamis siang (29/7).  “Kalau pilihan lagu Keong Racun atas rekomendasi teman. Ada yang ngasih tahu, coba download lagu Keong Racun. Awalnya saya gak pernah denger lagu itu. Pas didengerin, sempet kaget, ternyata liriknya aneh,” kata Jojo seperti dikutip dari sebuah
situs warta nasional.Efek bola salju menggelinding. Berbekal saran sohibnya, Jojo meng-upload-nya lewat situs Youtube. Selang tiga hari, video itu menghiasi sebuah forum internet dan membuat heboh.
Tembang Keong Racun serta merta meroket di ranah dunia maya, bahkan membombardir situs mikroblogging twitter dan mengungguli warta kisruh tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward.
     Media Indonesia.com Teks diatas menggambarkan bahwa struktur analisis wacana tentunya tidak terlepas dari keterkaitan atau hubungan antara wacana dengan kenyataan. Kenyataan atau realitas dipahami sebagai seperangkat konstruksi sosial yang dibentuk melalui wacana. Dalam CDA khususnya teori wacana Foucault, hal ini disebut struktur diskursif.  Fenomena pemberitaan mengenai “jojo + shinta si keong racun” ternyata memberikan efek yang luar biasa, dilihat dari bagaimana paradigma berfikir seorang penulis berita dan gaya pemberitaannya. Penulis berita mampu membangun konstruksi teks pemberitaannya dari berbagai  aspek. Misalnya dari teks diatas, penulis menyajikan gaya tulisan yang terkesan apa adanya sederhana, menggelitik. Sedangkan dalam aspek masalah yang disoroti, sang penulis berita mencoba membangun konstruksi pola wacana dalam syair-syairnya, untuk kemudian disajikan sebagai kontemplasi analisis pemikirannya.
     Merujuk pada apa yang telah disampaikan di awal tentang karakteristik  pertama analisis kritis yaitu  tindakan. Wacana dapat dipahami sebagai tindakan (actions) yaitu mengasosiasikan wacana sebagai bentuk interaksi. Seseorang berbicara, menulis, menggunakan bahasa untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Wacana dalam prinsip ini, dipandang sebagai sesuatu yang betujuan apakah untuk mendebat, mempengaruhi, membujuk, menyangga, bereaksi dan sebagainya. Selain itu wacana dipahami sebagai sesuatu yang di ekspresikan secara sadar, terkontrol bukan sesuatu di luar kendali atau diekspresikan secara sadar dalam struktur mikro.  Struktur mikro yang menunjuk pada makna setempat (local meaning) suatu wacana dapat digali dari aspek semantik, sintaksis, stilistika, dan retorika. Aspek-aspek tersebut yang membangun sebuah realitas dipahami sebagai seperangkat konstruksi sosial yang dibentuk melalui sebuah wacana ( struktur diskursif).
      Struktur diskursif merupakan pandangan kita tentang suatu obyek yang dibentuk dalam batas-batas yang telah ditentukan. Batasan tersebut dicirikan oleh obyek, definisi dari prespektif yang paling dipercaya dan dianggap benar. Persepsi kita terhadap suatu obyek dibentuk dan dibatasi oleh praktik diskursif atau dibatasi oleh pandangan yang mendefinisikan sesuatu yang ini benar dan yang lainya salah. Konsekuensinya adalah bahwa pandangan tertentu membatasi pandangan khalayak dan mengarahkan pada jalan pikiran tertentu dan menghayati itu sebagai sesuatu yang benar. Mengacu contoh teks berita diatas,  apakah benar jojo dan shinta yang mempopulerkan lagu keong racun ? apakah benar kiranya jojo dan sinta sekarang menjadi artis dadakan ? serta apakah benar, lagu Keong Racun serta merta meroket di ranah dunia maya, bahkan mengungguli pemberitaan kisruh tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward ?.
     Teks pemberitaan diatas menimbulkan sebuah persepsi bahwa, memang benar agaknya semua yang tersusun sebagai local meaning dalam teks tersebut sebagai suatu kebenaran. Jika dilihat dari segi konteksnya, lagu keong racun memang dahulu dinyanyikan oleh seorang penyanyi yang bernama Lisa, dengan genre musik dangdut koplo. Namun, banyak orang tidak mendengar bahkan menyukai lagu ini. Setelah dengan iseng, jojo dan sinta menguploade video lipsing mereka dalam sebuah media youtube di internet, lagu ini kemudian banyak digemari dan dikenal orang, serta mereka menjadi terkenal. Justru dibanding penyanyi aslinya, jojo dan sinta lebih dikenal orang sebagai ’si keong racun’ . Konteks tersebut mampu memberikan sebuah jawaban, memang benar adanya bahwa jojo dan sinta yang mempopulerkan lagu keong racun. Mereka sekarang bahkan menjadi artis dadakan yang mengalahkan pemberitaan tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward. Analisis wacana kritis mempertimbangkan konteks dari wacana seperti latar, situasi, peristiwa dan kondisi. Wacana dipandang diproduksi dan di mengerti dan di analisis dalam konteks tertentu. Guy Cook menjelaskan bahwa analisis wacana memeriksa konteks dari komunikasi: siapa yang mengkomunikasikan dengan siapa dan mengapa; khalayaknya, situasi apa, melalui medium apa, bagaimana, perbedaan tipe dan perkembangan komunikasi dan hubungan masing-masing pihak. Tiga hal sentaralnya adalah teks (semua bentuk bahasa, bukan hanya kata-kata yang tercetak dilembar kertas, tetapi semua jenis ekspresi komunikasi). Konteks (memasukan semua jenis situasi dan hal yang berada dilar teks dan mempengaruhi pemakaian bahasa, situsai dimana teks itu diproduksi serta fungsi yang dimaksudkan). Wacana dimaknai sebagai konteks dan teks secara bersama. Titik perhatianya adalah analisis wacana menggambarkan teks dan konteks secara bersama-sama dalam proses komunikasi.
     Sebagai orang awam yang membaca teks pemberitaan tersebut diatas, tanpa mengerti issu yang berkembang dimasyarakat tentang ramainya lagu keong racun tentu akan sangat sulit dalam menerima local meaning dari teks tersebut. Jawaban atas :    apakah benar jojo dan shinta yang mempopulerkan lagu keong racun ? apakah benar kiranya jojo dan sinta sekarang menjadi artis dadakan ? serta apakah benar, lagu Keong Racun serta merta meroket di ranah dunia maya, bahkan mengungguli pemberitaan kisruh tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward ? tentu saja semua itu pada akhirnya tidak mampu mempengaruhi persepsi kita untuk menjawab iya, apabila kita tidak memahami konteks issue yg berkembang dimasyarakat. Hal ini menjelaskan tataran karakteristik ketiga dari analisis wacana kritis  yaitu menempatkan wacana dalam konteks sosial tertentu dan tidak dapat dimengerti tanpa menyertakan konteks.
      Dalam memahami sebuah teks berita, tentu kadangkala timbul sebuah pertentangan-pertentangan. Pertentangan tersebut terkait, apakah si penulis telah mampu mempengaruhi kita ? , apakah si penulis merangkai berita berdasarkan fakta ?, apakah apa yang disajikan si penulis dalam beritanya merupakan sebuah analisi pemikirannya yang bersumber dari adanya fakta ? atau hanya menyajikan fenomena ?   Analisis wacana kritis mempertimbangkan elemen kekuasaan. Wacana dalam bentuk teks, percakapan atau apa pun tidak di pandang sebagai sesuatu yang alamiah wajar dan netral tetapi merupakan bentuk pertarungan kekuasaan. Konsep kekuasaan yang dimaksudkan adalah salah satu kunci hubungan anatara wacana dan masyarakat. Jadi pada intinnya, terkait hubungan antar kutub, baik itu benar salah, positif atau negatif, yang terangkai dalam satu hubungan antara wacana dan masyarakat.
    Semua karakteristik penting dari analsis wacana kritis tentunya membutuhkan pola pendekatan analisis. Hal ini diperlukan untuk memberi penjelasan bagaimana wacana di kembangkan maupun mempengaruhi khalayak. Michael Foucault adalah salah satu pemikir yang mengembangkan teori wacana. Dalam studinya, Ia memperlihatkan bahwa manusia muncul karena susunan kata-kata dan benda yang diubah-ubah. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, sepenggal masa yang disebut modernitas ini menghasilkan susunan yang memberi tempat istimewa pada diri manusia yang sadar diri. Susunan yang dimaksudkan Foucault adalah keretakan hubungan subyek (kata-kata) dan obyek (benda-benda) yang karena suatu hal diutuhkan kembali.



   Contoh teks diatas juga memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik pertama pada penggunaan perpindahan referen acuan kata ganti, baik kata ganti orang maupun kata ganti milik.Misalnya contoh dalam teks pada kata yang dicetak tebal :
    Yang patut diacungi jempol, keduanya mencipta dan membongkar serta meracuni hasrat purba manusia yakni membuncahnya cinta bercampur hasrat. Buktinya?
Wacana berkobar di antara pengguna twitter membincangkan olah vokal dan olah tubuh dari dua dara anak baru gede (ABG) itu.
Sampai-sampai ada yang merespons sinis penampilan Sinta-Jojo yang mengusung genre dangdut. Keong Racun, apaan tuh. Penampilannya biasa-biasa aja,” tulis seorang penanggap. Dengan sesekali menyungging senyum, menyibak rambut hitamnya, menggeleng-gelengkan kepala dan mendaratkan telunjuk ke pipi wajah bening, kedua mojang Bandung itu melakonkan salah satu parodi dari masyarakat yakni mesin hasrat (desire machine) untuk tak berkesudahan menenggak miras oplosan bermerek kenikmatan demi kenikmatan. Hati pria mana yang tidak deg-degan.
Dalam teks tersebut, penulis berita mencoba mengungkapkan isi berita yang tersaji di dalam kalimat berita. Terlihat dalam contoh : ”Tembang Keong Racun serta merta meroket di ranah dunia maya, bahkan membombardir situs mikroblogging twitter dan mengungguli warta kisruh tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang melengserkan petinggi perusahaan minyak British Petroleum, Tony Hayward”
    Hal ini menjelaskan, bagaimana satu pihak, kelompok, orang, gagasan,dan peristiwa ditampilkan dengan cara tertentu dalam wacana dan mempengaruhi pemaknaan khalayak. Penekananya adalah bagaimana poisisi dari aktor sosial, posisi gagasan, atau peristiwa ditempatkan dalam teks. Posisi pembaca dalam teks sangat penting dan diperhitungkan,  karena pembaca bukan semata-mata pihak yang hanya menerima teks, tetapi juga ikut melaksanakan transaksi sebagaimana akan terlibat dalam teks.  Inilah di perlukan Analisi wacana dalam sebuah pemberitaan karena setiap pemberitaan yang berupa fakta di sekitar kuta para pembaca mempunyai interpretasi  masing-masing dalam menyimpulakan hasil pemberitaan, bahkan bisa jadi berita yang mincul di media berasal dari hasil pikiran si wartawan kemudian di tuangkan dalam bentuk berita.
   Demikianlah analisis masalah yang dapat saya tuangkan dalam makalah ini, berhubung keterbatasan ilmu dan waktu penulis sendiri, karena itulah hasil analisis diatas murni benar adanya sehingga dapat di pertanggung jawabkan, akhir kata semoga bermanfaat bagi yang kita semua.
DAFTAR PUSTAKA

_______Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LkiS. Periksa pula Stephen W.
_______Littlejohn. 1996. Theories of Human Communication. Belmont: Wadsworth Publishing Company.
________George Yule. 1985. The Study of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
________Teun A. van Dijk. 2003. Ideology and discourse: A Multidisciplinary Introduction. Internet Course for the Oberta de Catalunya (UOC).
.




Hukum Poligami Menurut Syariah Islam Oleh Muhammad Hadidi


DAFTAR ISI
                         Halaman
Daftar isi………………………………………………………………………….1
Kata Pengantar……………………………………………………………………2
BAB I  ……………………………………………………………………………3
Pendahuluan………………………………………………………………………3
Latar belakang………………………………………………………………….3 -5   
Rumusan maslah…………………………………………………………………5-6
Tujuan Pembahsan………………………………………………………………..6-7
BAB II…………………………………………………………………………….6
A.    Pembahasan Surat…………………………………………………………............6-7
B.     Asbabul Nuzul ……………………………………………………………..........8-15
C.     Penjelasan Hukum……………………………………………………….............15-20
BAB III
Penutup………………………………………………………………………….21
 Kesimpulan……………………………………………………………………..22
Pendapat penulis…………………………………………………………………23
Daftar  pustaka…………………………………………………………………...24

KATA PENGANTAR
  
    Puji syukur senantiasa penulis haturkan kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan taufiq, hidayah dan inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah inisemoga lewat malah ini penulis mendapat pengetahuan dan tidak kalah pentingnya juga bagi yang membacanya.
   Sholawat serta salam tetap terlimpahkan kepada nabi agung Muhammad SAW. yang senantiasa menjadi tumpuan dan harapan bagi umat Islam yang telah memperjuangkan ummat manusia dari kelakuan jahiliah menujuan manusia yang berakhlaqul Qarimah, sebagaimana yang telah di ajarkan Nabi Muhammad SAW bagi seluruh ummat manusia.
   Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari atas kemampuan yang ada, dimana penulisan tidak terlepas dari hambatan, gangguan dan kesulitan yang muncul baik dari dalam maupun dari luar diri penulis. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.  Dan akhirnya besar harapan saya lewat makalah ini dapat bermanfaat bagi  saya dan untuk yang mau membacanya, karena makalah  ini  masi jauh dari kesempurnaan. Karena itu penulis berharap ada kritik dan saran dari pembaca sekalian.
Hormat Saya


                                                                              Mohd Hadidi
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
    Kata poligami berasal dari bahasa Yunani dari kata poly atau polus yang berarti banyak, dan gamein atau gamos yang berarti kawin atau perkawinan. Jadi secara bahasa poligami berarti ”suatu perkawinan yang banyak” atau “suatu perkawinan lebih dari seorang”.  dan po.li.ga.mi :  sistem perkawinan yang salah satu pihak memiliki atau mengawini beberapa lawan jenisnya dalam waktu yang bersamaan.
     Poligami biasa dibagi atas tiga yakni poliandri, poligini dan group marriage (group family). Poliandri berasal dari bahasa Yunani Polus=banyak, aner=negative, dan andros=laki-laki. Jadi, poliandri adalah perkawinan seorang perempuan dengan lebih dari satu orang laki-laki, sedangkan poligini berasal dari kata polus=banyak dan gune=perempuan. Jadi poligini adalah seorang laki-laki yang mengambil lebih dari seorang perempuan. Polandri tidak lazim dibicarakan oleh para pakar perkawinan yang lebih banyak diperbincangkan adalah poligini. Sedangkan group marriage atau group family merupakan  gabungan dari poligini dengan poliandri, misalnya dalam satu rumah ada lima laki-laki dan lima wanita, kemudian bercampur secara bergantian. Pembagian poligami tersebut diatas adalah ditinjau dari segi antropologi sosial yang dalam perkembangannya istilah dalam antropologi sosial tersebut jarang sekali digunakan bahkan bisa dikatakan istilah tersebut tidak dipakai lagi dikalangan masyarakat, kecuali dikalangan antropologi saja, sehingga istilah poligami secara langsung menggantikan istilah poligini dengan pengertian perkawinan antara seorang laki-laki dengan beberapa perempuan disebut dengan poligami dan kata ini digunakan sebagai lawan dari kata polyandry.
   Sampai saat ini ternyata masalah poligami masih merupakan topik yang menarik untuk dibahas diberbagai tempat, situasi dan kondisi yang sarat dengan pro dan kontra, poligami tetaplah poligami yaitu urusan mu’amalah atau sosial. Lewat makalah ini penulis juga ikut mengapreseasi dengan cara mengadopsi pendapat ulama’ sesuai batas kemampuan penulis.
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan pembahasan makalah ini hanya dibatasi pada :
1.      Bagaimana kita mengaji  Poligami menurut SuratNisa’ [04] : 01-03 ?
2.      Bagaimana Asbab an Nuzul an Nisa’ [04] : 01-03?
3.      Bagaimana Hukum Syari’at Yang Bisa Diambil Dari an Nisa’ [04] : 01-03 ?
4.      Bagaimana Hikmah Poligami ?
C.     Manfaat membaca makalah ini
  Manfaat membaca makalah ini adalah  untuk memudahkan kita mengatahui tentang hukum poligami. Bagaimana asal-usul poligami sehingga dengan kita mengetahui, landasan hukumnya, maka kita  mendapat pengetahuan dan bisa kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat memberikan pendapat bagi masyarakat yang bertanya-tanya tentang hukum poligami serta  asal usul poligami. Sebagaimana kita temukan dimasyarakat poligami merupkan hal yang tabu dan dianggap aneh, padahal alquran sendiri mempunyai landasan hukum bolehnya berpoligami tentu dengan syarat-syarat yang telah di tentukan, untuk itu makalah ini sangat cocok dibaca oleh orang  yang ingin berpoligami. Serta oleh para istri yang suaminya menikah lagi (poligami).  Kadang-kadang di masyarakat kita sekarang ini, para figur (Ulama) apabila berpoligami menjadi suatu hal yang tabu dan masyarakat kita lansung breaksi dan tidak jarang banyak yang mengatakan bahwa poligami merupakan pelanggaran HAM yakni mengecewakan pihak istri pertama. Padahal apabila kita kembali lagi kepada ayat alquran poligami ini, sudah diatur demikian rupa dan merupakan hal yang sudah jelas boleh dilakukan apabilah telah memenuhi syarat diantaranya suami boleh berpoligami apabila istrinya sudah tidak lagi menjalankan kewajibanya sebagai seorang istri.
D. Tujuan Pembahasan
   Mengacu pada rumusan masalah di atas, penulis mempunyai tujuan lewat makalah ini kita dapat  mengtahui hukum  poligami menurut hukum islam dan bagaimana asal usul poligami sehingga harapanya dapat diterimah oleh masyrakat sekurang-kurangya mengetahui bagaimana dasar hukum tentang poligami :
1.      Mengetahui tafsiran ayat Poligami yang terdapat pada an Nisa’ [04] : 01-03.
2.      Mengetahui Asbab an Nuzul an Nisa’ [04] : 01-03. Yang merupakan landasan berpoligami dan bagaimana pendapat para ulama tentang poligami serta apa syarat-sayarat berpoligami.
3.      Mengetahui Hukum Syari’at tentang poligami yang  dari an Nisa’ [04] : 01-03.
4.      Mengetahui Hikmah Poligam dan pendapat Ulama tentang poligami




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Materi Pembahasan

1.      Surat An-Nisa Ayat 2-3 Membahas Tentang Poligami Dalam Islam
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
وَآَتُوا الْيَتَامَى أَمْوَالَهُمْ وَلَا تَتَبَدَّلُوا الْخَبِيثَ بِالطَّيِّبِ وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَهُمْ إِلَى أَمْوَالِكُمْ إِنَّهُ كَانَ حُوب كَبِيرًا (2) وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَى فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَى أَلَّا تَعُولُوا (3)
Artinya: Dan berikanlah kepada anak-anak yatim itu harta-harta mereka. Dan janganlah kalian mengganti yang buruk dengan yang baik, jangan mencampurkan harta mereka ke dalam harta kalian, sesungguhnya (perbuatan itu) merupakan dosa yang besar.Dan apabila kalian takut tidak bisa berbuat adil kepada anak-anak perempuan yang yatim (untuk kalian jadikan istri), maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kalian senangi, dua atau tiga atau empat. Bila kalian takut tidak bisa berbuat adil, maka nikahilah satu perempuan saja atau budak-budak kalian. Yang demikian itu lebih membuat kalian tidak berbuat zhalim.( An-Nisa’ 2-3)



B. Asbab an-Nuzul  Surat An Nisa ayat 1-3
   Menurut Imam Muqotil : ayat ini turun karena seorang bernama Ghotfan yang memelihara keponakannya yang yatim, ketika ia telah dewasa, ia meminta kekayaannya kepada Ghotfan, dan Ghotfan tidak langsung memberikannya, lalu keduanya memaparkan hal tersebut kepada Baginda Nabi S.A.W, dan turunlah ayat ini, ketika Ghotfan mendengarnya dari Nabi, ia berkata : “Aku taat kepada Allah dan Rosul-Nya, aku berlindung dari dosa besar”. Nabi S.A.W pun bersabda :
مَنْيُوْقَشُحَّنَفْسِهِوَرَجَعَبِهِهٰكَذَا،فَإِنَّهُيَحُلُّدَارَهُ،يَعْنِيْجَنَّتَهُ Insya Allah Artinya : Siapapun yang menjaga kebakhilan dirinya dan menghilangkannya seperti ini, niscaya ia menempati rumahnya yaitu surga”.
An Nisa’[04]: 03  :
   Pendapat para ulama tentang  asbabul nuzul ayat poligami diantara perbedaan nya sebagai berikut :
1.      diriwayatkan dari Siti Aisyah, bahwa dia berkata : ayat ini turun karena kasus anak yatim yang ada dalam asuhan walinya lalu walinya tertarik pada kekayaan dan kecantikannya dan menginginkan untuk menikahinya dengan mahar yang kurang dari wannita sepadannya, maka hal itu dilarang kecuali ia memberi  mahar sesuai umumnya wanita yang sepadan dia. Dan diperintahkan untuk menikahi wanita lain boleh sampai bilangan 4 wanita namun apabila khawatir tidak akan bisa berbuat adil maka menikahilah satu wanita saja selain yatim tadi.
2.   Ibnu Abbas dan Ikrimah berkata : sesungguhnya para lelaki pada saat itu menikahi empat, lima, enam sampai sepuluh wanita, lelaki tadi berkata : “apa yang melarangku untuk menikah sebagaimana fulan menikah?. dan apabila kekayaan laki-laki tadi habis untuk menafkahi para istrinya maka dia berpindah kepada kekayaan anak yatim untuk menafkahi para istrinya.
3.    Imam Sa’id bin Jabir, as Sudiy, Qotadah, Rubayi’, Dhohak dari salah satu riwayat berkata : para lelaki saat itu sangat serius dalam mengurus anak yatim namun tidak demikian halnya dengan para wanita, salah satu dari mereka menikahi  banyak wanita dan tidak bisa berbuat adil, maka Allah berfirman : “ Sebagaimana kamu semua hawatir terhadap anak yatim, maka hawatirlah pada para wanita, maka nikahilah (wanita) satu sampai empat saja. Dan apabila takut tidak bisa berbuat adil maka nikahilah satu wanita saja.
D. Hukum Syariat
An Nisa’[04]: 01
Hukum saling meminta dengan menggunakan hubungan silaturrahim
   Firman Allah وَاتَّقُوااللهَالَّذِيتَسَاءَلُونَبِهِوَالْأَرْحَامَ menunjukkan kebolehan saling meminta menggunakan hubungan silaturrahim, terlebih bila mengikuti bacaan imam Hamzah yang membacanya dengan jar (وَالْأَرْحَامِ), berdasarkan pendapat ini sebagian ulama berkata : karena hal itu bukanlah sumpah akan tetapi hal itu hanya mengharap simpati, semisal seorang berkata : “ Demi hubungan silaturrahim kita, aku memintamu untuk berbuat begini, hal ini tidak bisa diartikan sebagai sumpah yang terlarang, akan tetapi sebagai permintaan demi kehormatan silaturrahim yang mana Allah memerintahkah untuk menyambungnya, mereka berhujjah pada hadis…
اللهمإِنِّيْأَسْأَلُكَبِحَقِّالسَّائِلِيْنَعَلَيْكَ, وَبِحَقِّمَمْشَايَهٰذَا....... الحديث.
Sebagian ulama yang lain memakruhkan sumpah demi hubungan silaturrahim, dan berkata : sesungguhnya ada hadis shohih yang menolak pendapat di atas, yaitu :
مَنْكَانَحَالِفًافَلْيَحْلِفْبِاللهِأَوْلِيَصْمُتْ dan  contoh tersebut di atas adalah salah satu dari beberapa macamnya sumpah, hal ini adalah pendapat Ibnu ‘Athiyah.
Imam Az Zujaj berkata : qira’ah Hamzah yang lemah dan buruk dalam bahasa arab itu adalah kesalahan yang besar menurut disiplin ilmu ushul fiqh, karena Nabi Muhammad S.A.W. telah bersabda :لَاتَحْلِفُوْابِآبَائَكُمْ , bilasaja tidak boleh bersumpah dengan selain Allah bagaiman bisa diperbolehkan bersumpah dengan hubungan silaturrahim.
   Imam Qurthubi memindah pendapat Imam Mubarrod berkata : andaikan aku bermakmum pada imam yang membaca وَاتَّقُوْااللهَالَّذِيْتَسَاءَلُونَبِهِوَالْأَرْحَامِ niscaya aku langsung pergi (membubarkan sholat saya).
  Imam Qusyairi berkata : ucapan semacam ini (memojokkan pendapat Imam Hamzah) adalah ucapan yang di tolak oleh para imam, karena Qira’at al Qur’an yang dipakai oleh Imam Qurro’ adalah berasal dari Nabi secara mutawatir yang hal ini diketahui oleh para ulama, dan apabila telah nyata dari Nabi tentang sesuatu, maka bagi yang menolak berarti telah menolak Nabi dan menjelekkan apa yang telah dibaca oleh Nabi, dan hal ini adalah posisi yang sangat menghawatirkan dan tidak bisa dikuti oleh ulama lughah dan nahwu, karena bahasa arab bersumber secara langsung dari Nabi, dan tidak satupun orang yang meragukan kefasihan Beliau; kemudian hal dilarang adalah terkait sumpah dengan selain Allah, dan hal ini merambah sampai pembahasan bersumpah dengan selain Allah yaitu hubungan silaturrahim, maka dalam hal ini tidak ada keharaman.
An Nisa’[04]:02
Apakah anak yatim diberi harta kekayaannya sebelum ia baligh?
    Firman Allah “وَآتُواالْيَتَامَىأَمْوَالَهُمْ menunjukkan atas hukum wajib untuk memberi harta anak yatim, dan para ulama’ sepakat bahwa anak yatim sebelum baligh tidak diberi harta kekayaannya. Sebagaimana firman Allah
وَابْتَلُواالْيَتَامَىحَتَّىإِذَابَلَغُواالنِّكَاحَفَإِنْآنَسْتُمْمِنْهُمْرُشْدًافَادْفَعُواإِلَيْهِمْأَمْوَالَهُمْ ]النساء/6
    Yang dalam ayat ini disyaratkan baligh dan pandainya anak yatim. Hikmahnya bahwa anak kecil belum baik dalam mengelola kekayaannya yang terkadang menggunakannya dalam hal yang tidak bermanfaat. Dalam ayat 6  inipun ulama’ ada yang berbeda pendapat :
1. yang dimaksud yatim di sini adalah yatim yang sudah baligh yang pandai. Penggunaan kata yatim dalam ayat ini adalah majaz dengan segi mengakomodir keadaan sebelumnya.
2. yang dimaksud yatim di sini adalah anak kecil, yang belum baligh, dan yang dimaksud memberikan adalah mengalokasikan kekayaan untuk dia dalam segi makanan dan pakaian, atau yang dimaksud memberikan adalah tidak mengelola kekayaanya dan menjaganya sambil tidak berniat jelek. Pendapat ini adalah pendapat yang kuat. Yang mana sebagian orang yang mengelola kekayaan yatim bersegera dalam mengalokasikan kekayaannya dan menghambur-hamburkannya, sehingga diperintahlah untuk menjaga terlebih dahulu dan mengembangkannya yang kemanfaatnya kembali untuk anak yatim, bila ia mencapai umur pandai maka diserahkanlah secara sempurna.
    Komentar Ali as Shobuni terkait dua pendapat di atas adalah pendapat yang pertama lebih unggul.
An Nisa’[04]: 03
Apakah perintah dalam فَانْكِحُوامَاطَابَلَكُمْ berfaidah wajib ?
mayoritas ulama berpendapat bahwa perintah dalam فَانْكِحُوا  menunjukkan kemubahan sebagaimana perintah dalam firman Allah وكلواواشربوا (البقرة 187) dan كلوامنطيباتمارزقناكم ( البقرة 57)
Ahlu Dzohir berpendapat : hal itu menunjukkan hukum wajib, berhujjah pada dzahirnya ayat, karena perintah pada dasarnya adalah berfaidah wajib, dan mereka melalaikan ayat  :
وَمَنْلَمْيَسْتَطِعْمِنْكُمْطَوْلًاأَنْيَنْكِحَالْمُحْصَنَاتِالْمُؤْمِنَاتِفَمِنْمَامَلَكَتْأَيْمَانُكُمْمِنْفَتَيَاتِكُمُالْمُؤْمِنَاتِ..... وَأَنْتَصْبِرُواخَيْرٌ [النساء/25]
“Dan barangsiapa diantara kamu (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk menikahi wanita merdeka lagi beriman, ia boleh menikahi wanita yang beriman,  dari budak-budak yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu; sebahagian kamu adalah dari sebahagian yang lain  [Maksudnya: orang merdeka dan budak yang dinikahinya itu adalah sama-sama keturunan Adam dan hawa dan sama-sama beriman], Karena itu nikahilah mereka dengan seizin tuan mereka, dan berilah mahar mereka menurut yang patut, sedang merekapun wanita-wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) wanita yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya; dan apabila mereka telah menjaga diri dengan nikah, Kemudian mereka melakukan perbuatan yang keji (zina), Maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanita-wanita merdeka yang bersuami. (Kebolehan menikahi budak) itu adalah bagi orang-orang yang takut berzina di antara kamu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu”.

Imam Fakhru ar Razi berpendapat : dalam keadaan demikian (an Nisa’[04]) tidak menikah itu lebih baik daripada menikah, maka ayat (an Nisa’[04]:) ini menunjukkan hukum (menikah) bukan sunnah terlebih-lebih wajib.
Tafsiran Ayat An Nisa’[04]: 03 menurut para ulama.
Apa yang dimaksud dari مَثْنَىوَثُلَاثَوَرُبَاعَ
   Ulama sepakat bahwa kalimat tersebut menunjukkan bilangan, dan menunjukkan atas satu dari setiap kalimat tersebut disebutkan sesuai dengan sebutan dalam jenisnya, maka مثنى menunjukkan إثنينإثنين (dua dua), ثلاث menunjukkan ثلاثةثلاثة  (tiga tiga), dan رباع menunjukkan أربعةأربعة empat-empat. Dan artinya adalah nikahilah wanita yang kamu sukai dua dua, tiga tiga dan empat empat sesuai dengan keinginan kamu.
     Imam Zamakhsyari berpendapat : karena khitabnya adalah kolektif, maka mestilah pengulangan kalimat tersebut, supaya setiap orang yang menikah yang menginginkan poligami bisa mendapatkan khitab sesuai dengan bilangan yang tersebut dalam ayat. Hal ini sama dengan ucapan kamu : “ bagilah oleh mu sekalian uang 100 dirham ini dua dua, tiga tiga dan empat empat, apabila hal ini di mufrodkan, maka ucapan ini tidaklah sesuai yang dimaksud. Jelasnya adalah apabila kamu berkata kepada sekelompok orang “ bagilah harta yang banyak ini dua dirham” maka ucapan ini tidaklah jelas. Andaikan kamu bilang dua dirham dua dirham, maka yang dimaksud adalah sesunggunya setiap satu orang mengambil dua dirham saja. Ayat tersebut menunjukkan keharaman beristri melebihi dari empat wanita; Dan ulama serta ahli fiqih telah sepakat terkait hal tersebut, serta  kesepakatan ini tidaklah cacat dengan adanya pendapat dari ahli bid’ah yang mengatakan boleh menikahi sembilan wanita dengan memfungsikan huruf wawu pada ayat tersebut sebagi penambahan (2+3+4=9). Dan yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah setiap manusia boleh menikahi dua wanita atau tiga wanita atau empat wanita.
Imam Qurthubi berpendapat: ketahuilah bahwa bilangan ini (مَثْنَىوَثُلَاثَوَرُبَاعَ) tidak menunjukkan kebolehan beristri 9 wanita seperti ucapan mereka yang jauh dari kebenaran al Qur’an dan as Sunnah dan perpaling dari yang telah ditetapkan oleh ulama salaf, serta mengira huruf wawu di ayat ini berfungsi penambahan, yang menginspirasi hal tersebut bahwa nabi menikahi 9 orang wanita dan mengumpulkannya dalam masa yang sama, sehingga menyebabkan kelompok ini menjadi salah penafsiran. Dan yang mengatakan kebolehan mengikahi 9 wanita ini adalah kelompok Rafidhoh dan sebagian pengikut Imam Dawud Ad Dzhohiri, serta yang lebih parah dari pendapat sebagian pengikut Dawud ad Dzhohiri adalah yang memperbolehkan menikahi 18 wanita (2+2+3+3+4+4=18), semua ini adalah kebodohan dalam mengetahui bahasa dan Sunnah, dan tidak sesuai dengan ijma’ Ulama’ karena tidak pernah didengar dari seorang sahabat dan tabi’in pun yang mengumpulkan lebih dari empat orang istri, diceritkan bahwa Ghoilan baru masuk islam dan memiliki 10 orang istri, maka nabi memerintahkannya untuk memilih empat wanita dari mereka dan menceraikan yang lainnya.
      Dan Allah telah mengkhitabi orang arab dengan bahasa yang paling fashih, dan orang arab pun tidak pernah membiarkan dalam pengucapan 9 dengan ucapan 2 dan 3 dan 4, begitu juga mereka menganggap jelek terhadap orang yang berkata “ berilah fulan 4, 6 dan 8, yang mana orang tadi tidak mengucapkan 18.
    Komentar Ali as Shobuni : sesungguhnya ijma’ telah memutuskan keharaman menikahi lebih dari 4 wanita (dalam satu masa) dan masa ulama’ yang menyepakatinya telah usai sebelum keanehan-keanehan yang menyimpang ini muncul. Maka ucapan nyleneh itu tidaklah bisa diakomodir karena hal itu murni karena kebodohan atau ketololan sebagaimana ungkapan sya’ir :
Siapapun yang mencari ilmu tanpa guru # niscaya akan tersesat dari jalan kebenaran
Banyak sekali orang yang mencela ucapan yang benar # hal ini berasal dari akal yang tidak sehat.
Mudah-muadahan Allah melindungi kita dari kejelekan kebodohan dan pengaruh dari orang-orang yang bodoh.
An Nisa’[04]: 03
Firman Allah فَإِنْخِفْتُمْأَلَّاتَعْدِلُوافَوَاحِدَةً
Menurut Imam ad Dhohak dan yang lain, yaitu tidak bisa berbuat adil dalam urusan kecondongan, cinta, mensetubuhi, berbaur/gaul, membagi giliran pada istri empat atau tiga atau dua.  فواحدة : hal ini adalah larangan dari menambah istri yang bisa menyebabkan tidak bisa adil, dan larangan ini berarti dalil sebagai kewajiban beristri satu.
Selanjutnya Imam Qurthubi pada an Nisa[04]:129 : berkata :
وَلَنْتَسْتَطِيعُواأَنْتَعْدِلُوابَيْنَالنِّسَاءِوَلَوْحَرَصْتُمْفَلَاتَمِيلُواكُلَّالْمَيْلِفَتَذَرُوهَاكَالْمُعَلَّقَةِوَإِنْتُصْلِحُواوَتَتَّقُوافَإِنَّاللهَكَانَغَفُورًارَحِيمًا [النساء/129]
     Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

   Dengan ayat ini Allah memberi tahu bahwa ketidak mampuan laki-laki untuk berbuat adil pada para istrinya dari segi kecondongan watak dalam cinta, menyetubuhi dan perhatian. Dengan ayat ini Allah menerangkan sifat manusia bahwa mereka pada dasarnya tidak mempunyai  kemampuan untuk menyamakan kecondongan hati kepada dua hal. Karena itu Nabi Muhammad S.A.W. berdo’a :
«اللهمإِنَّهٰذِهِقِسْمَتِيْفِيْمَاأَمْلِكُفَلَاتَلُمْنِيْفِيْمَاتَمْلِكُوَلَاأَمْلِكُ».
Yang insya Allah artinya : Ya Allah, inilah usahaku membagi terhadap apa yang aku mampu, maka janganlah Engkau cela aku terhadap apa yang Engkau mampu sedangkan aku tidak mampu. (keadilan dalam cinta).
Kemudian Allah S.W.T. melarang Nabi dengan firman-Nya : [فَلَاتَمِيلُواكُلَّالْمَيْلِ]. Imam Mujahid berkata : arti dari sepenggal ayat ini adalah janganlah kamu menyengaja untuk berebuat jelek akan tetapi konsistenlah pada kesamaan dalam jatah gilir dan nafkah; karena hal inilah yang bisa dilakukan manusia. Dan hal ini akan dibahas dalam al Ahzab[33]: 51, (Tafsir al Qurthubi Juz IV hal 214,) secara panjang lebar. Diriwayatkan dari Imam Qotadah dari an Nadlr bin Anas dari Basyir bin Nahik dari Abi Ghuroiroh : Nabi bersabda yang isnya Allah artinya : “Laki-laki yang mempunyai dua istri dan tidak berbuat adil terhadap dua istrinya di hari qiyamat nanti dia akan dibangkitkan dalam keadaan tubuh miring ke salah satu sisi”.
Menurut Ibnu ‘Arabiy : menurut para ulama’ makna dari adil adalah dalam hal jatah gilir dan kesamaan dalam hak-hak pernikahan, dan hal ini adalah wajib. Nabi S.A.W. menyengaja untuk berbuat adil dalam hal itu, dan memang mampu, ketika Nabi melakukan kewajibian Dzahir dari hal di atas dan menemukan hati beliau condong kepada Dewi Aisyah, Nabi S.A.W. pun berdo’a :
«اللهمإِنَّهٰذِهِقِسْمَتِيْفِيْمَاأَمْلِكُفَلَاتَلُمْنِيْفِيْمَاتَمْلِكُوَلَاأَمْلِكُ».
Yang dimaksud adalah ketidak punyaan untuk bisa berbuat adil dari segi hati beliau, karena Allah tidak memerintahkan makhluk untuk memalingkan hatinya dalam urusan kecondongan, karena hal itu sangat sulit dilakukan, bahkan tidak bisa dilakukan. Dan memerintahkan makhluk sesuai dengan kemampuan Dzahir supaya mudah dilakukan oleh orang-orang yang berakal.
An Nisa’[04]: 03
Firman Allah أَوْمَامَلَكَتْأَيْمَانُكُمْ
Yang dimaksud adalah wanita yang tidak bersuami. Sebagai athaf dari فواحدةً maksudnya apabila hawatir tidak bisa berbuat adil maka nikahilah satu wanita atau budakmu. Hal ni menunjukkan bahwa budak wanita (yang dinikahi) tidak punya hak untuk di setubuhi dan mendapatkan jatah gilir, karena yang dimaksud dari إِنْخِفْتُمْأَلَّاتَعْدِلُوا dalam urusan giliran فَوَاحِدَةًأَوْمَامَلَكَتْأَيْمَانُكُمْ, hal ini perbudakan diposisikan dalam satu tempat, yang kemudian bagi budak (yang dinikahi) tidak punya hal untuk disetubuhi dan mendapatkan giliran. Hanya saja budak (yang dinikahi mendapatkan keadilan berdasar pada kewajiban berbudi baik dan berbelas kasihan terhadap budak. Allah dalam perbudakan menggunakan kata ملكاليمين karena tangan kanan adalah simbul terpuji, dan tangan kanan di khususkan untuk hal yang baik-baik saja. Hal ini bisa kita lihat dari bahwa tangan kanan dipakai untuk pengalokasian harta (Nafkah) sebagaimana sabda Nabi : حتىلاتعلمشمالهماتنفقيمينه , dan tangan kanan adalah untuk penepatan janji dan untuk janji setia, sehingga perbudakan dikatakan dengan kepemilikan tangan kanan.
An Nisa’[04]: 03
Firman Allah ذٰلِكَأَدْنَىأَلَّاتَعُولُوا maksudnya bagaimana ?
Ayat tersebut mengisyaratkan hanya memilih satu wanita saja yang pilihan dan lafadz أدنى mempunyai arti paling dekat, dan lafadz العول arti asalnya adalah kecondongan yang bisa diindra , seperti ucapan عالالميزانعولا  apabila timbangan itu condong ke salah satu sisi, kemudian dipindah kepada condong/cenderung (yang tidak bisa diindra) yang mempunyai arti menyeleweng, yang dimaksud dalam ayat ini adalah kecenderungan yang dilarang sebagai sisi lain dari keadilan. Dan maksud dari ayat terkait adalah memilih satu wanita itu lebih dekat supaya tidak berbuat berat sebelah yang diharamkan ketika dibandingkan lebih dari satu wanita. Maka sesungguhnya laki-laki yang memilih satu wanita saja maka telah hilanglah darinya rasa berat sebelah yang melenceng dari kebenaran. Dan siapapun yang memilih satu wanita saja berarti telah hilanglah darinya kemauan untuk berat sebelah. Sedangkan lelaki yang memilih lebih dari satu maka berat sebelah yang haram lebih nyata baginya.
Dan diriwayatkan dari Imam Syafi’i RA.  Bahwa Ia menafsirkan lafadz ألاتعولوا dengan supaya keluarganya tidak menjadi banyak dan hal ini disalahkan oleh imam al Jasshosh sepertihalnya Imam Al Mubarrod dan mereka berdua menyangka bahwa lafadz عال  tidak boleh diartikan keluarganya menjadi banyak yang semestinya dengan عاليعيل, akan tetapi Imam Zamakhsyari berkata : di nuqil dari Imam al Kisa’iy dari orang arab yang fasih-fasih dengan kata عاليعول  apabila keluarganya menjadi banyak dan ulama yang menuqil semacam ini antara lain Imam Ashmu’i dan Imam al Azhuriy, penafsiran semacam ini dinuqil dari Ibnu Abi Hatim dari Zaid bin Aslam, dia adalah salah satu dari pembesar Tabi’in, sedangkan bacaan imam Thowus adalah ألاتعيلوا sebagai penguat pendapat Imam Syafi’i dan yang lain. Maka jelaslah tidak ada jalan untuk mengatakan bahwa para Imam itu jelek dalam Ilmu bahasa dan Hadis.

E. Hikmah Poligami
Menurut Wahbah az Zuhaili :
   Keadaan yang bisa diterima saat ini adalah apabila tidak ada hajat yang diterima syara’ atau keterpaksaan hendaknya suami untuk menikahi satu wanita. Karena kecemburuan itu selalu menyelimuti antar suami istri, sebagaimana suami cemburu terhadap istrinya, begitu pula istri cemburu kepada suaminya :
   Akan tetapi Islam memperbolehkan bagi laki-laki berpoligami karana terpaksa, atau kebutuhan. Dan hal ini mempunyai batasan yaitu mampu menafkahi, bisa berbuat adil, kemarmonisan hubungan keluarga. Kebolehan ini pun mempunyai sisilain yaitu :
1.      Istri mandul. Secara naluri seorang suami mendambakan adanya anak dan bisa mengalokasikan kekayaannya dan jerih payahnya kepada sang anak. Ketika istri mandul, mana yang lebih utama antara menceraikannya dan berpoligami? tidak diragukan lagi bahwa beristri lagi itu lebih ringan bahayanya untuk istri pertama dengan syarat tetap terjaga kehormatannya (istri pertama) dan bisa terpenuhi hak-haknya secara sempurna tidak kurang sedikitpun.
2.  Banyaknya kaum wanita. Sesunggunya di sebagian negara angka kelahiran perempuan lebih banyak dibanding jumlah laki-laki, dan terkadang berkurangnya jumlah laki-laki bisa sedikit karena peperangan, bila demikian yang lebih utama adalah berpoligami sebagai aplikasi atas penghormatan perempuan dan menjaga mereka dari berbuat yang tidak sesuai syara’ serta membersihkan masyarakat dari perzinaan yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit, anak-anak terlantar dan aborsi.
3.    Seksualitas. Terkadang wanita menjadi dingin dalam hubungan biologis terlebih ketika mereka mencapai usia menopouse atau pengangkatan rahim sebab penyakit. Dan terkadang kebutuhan hubungan biologis lelaki bisa meningkat  atau tidak meningkat tapi terus berkesinambungan tidak ada masa hentinya, bila demikian maka tidaklah cukup baginya hanya satu wanita saja, karena si istri tadi sudah tidak berselera melakukan hubungan biologis, atau wanita mengalami menstruasi seminggu dalam satu bulan. Maka keadaan menuntut untuk berpoligami karena bisa membatasi suami dari berbuat zina yang berarti telah menyia-nyiakan agama, harta benda dan kesehatan serta memperjelek reputasi.
   Adapun prilaku jelek sebagian orang islam yang memperbolehkan berpoligami karena demdam terhadap istri lamanya atau hanya menuruti syahwat saja, tidak karena tujuan yang telah lewat, hal itu adalah kasuistik yang tidak akan bisa memperjelek pada pondasi dan pokok-pokok agama serta prinsip-prinsip keislaman yang memperbolehkan berpoligami yang dibatasi dengan batas-batas yang sangat jelas.
    Dan dalam setiap masa, para pemikir barat mengajak beristri lebih dari satu, dan mereka tidak ragu dalam keutamaan banyak istri dibanding banyak pacar dan teman wanita, adapun talak sering terjadi di negara barat karena banyak hal, dan hal itu gampang mencuat kepada kaum muslimin karena mengidolakan mereka.














BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
      Sesungguhnya poligami dalam islam adalah sesuatu yang berpangkal dari keadaan yang mendesak atau didorong oleh demi maslahah ‘aammah (kebaikan universal), atau demi kebaikan individu. Dan memperbaiki kerusakan itu lebih baik daripada membiarkan kerusakan. Dan seseorang dilarang untuk mencoba membiarkan kerusakan berkelanjutan. Karena dalil Nash telah secara jelas memperbolehkan  poligami, tidak mengamalkan dalil Nash atau keluar dari ketentuan dalil Nash adalah kemungkaran yang haram dalam syari’at Allah dan agama-Nya.
   Sekian makalah ini, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Bagi yang membaca, untuk lebih tepatnya bila dipadukan dengan ayat dan hadis terkait.
B. Pendapat Penulis
   Poligami adalah salah satu dari pembahasan hukum yang terkandung dalam al Qur’an yang dalam memahaminya perlu penalaran yang jernih oleh orang yang berakal sehat tanpa desertai dengan kepentingan selain memahami nash al Qur’an atau mencari Ridlo Allah S.W.T. Dan untuk pelaksanaan di lapangan pastilah mempunyai beberapa pertimbangan yang mesti terpenuhi.
Bertaqwalah kepada Allah S.W.T. yang hanya milik-Nya lah kebenaran yang telak.
Semoga Allah S.W.T. selalu menambahkan Hidayah-Nya kepada kita tanpa henti.
( Mohd Hadidi)

DAFTAR PUSTAKA

__________Tafsir Ibnu Katsir/ Mukadimah Tafsir Ibnu Katsir pengantar“Syekh Imam Al-Hafiz, Imaduddin Abul Fida Ismail ibnul Khatib Abu Hafs, Umar ibnu Kasir”
__________ Tafsir  http://ibnukatsir.wordpress.com dan bilma’sur didownload dari http://www.vbaitullah.or.id.Kumpula PDf tafsir bil ma’sur mufassir diuplod tgl 29/maret 2011
__________Tafsir Ath Thabari
_________ Kumpulan hukum dalam tafsir surat Ali Imran ayat 28-29, “Mengakat pemimpin daro orang kafir”oleh  Arif Fathul Ulum bin AhmadSaifullah”2004.

_________Tafsir Al Misbah penulis Qurais Shihab.
 _________ http: Hukum Poligami dan Asal Usul Poligami.wordpress.com di   donload internet pada (11/07/2012) (Hukum poligami Html dan PDF)