24 Jan 2012


NAPAK TILAS IPPELMAS MALANG
 Muhammad Hadidi 
Kabid. Oraganisasi IPPELMAS MALANG
Pulau Siemulue merupakan kabupaten yang subur, kaya dengan sumber daya alam, penghasil minyak terbesar di Aceh, tambang, dan laut yang kaya dengan ikan. Sehingga pulau kecil berpenduduk 66.306 jiwa ini disebut dengan ulau simeulue ate fulawan (heart of gold Island atau pulau hati emas). Namun realitanya, masyarakat pulau Simeulue masih di bawah garis kemiskinan. Ekonomi semakin terpuruk karena maraknya penyalahgunaan keuangan daerah. Fasilitas publik seperti jalan aspal, lampu penerang (PLN), jaringan telepon dan sebagainya masih belum dirasakan sebagian masyarakat di bumi penghasil cengkeh tersebut. Dengan demikian, untuk melakukan perubahan dari keterpurukan itu, di butuhkan  generasi-genarsi, putra-putri Simeulue yang progresif, misioner dan  visioner untuk membangun kembali Simeulue ke level yang lebih maju.
Untuk menggapai cita-cita tersebut, putra dan putri simeulue bertekad kuat, memiliki spirit yang luar biasa untuk keluar dari kampung halaman dan rela merantau di negeri orang. Pemuda, pelajar, dan mahasiswa asal Simeulue tersebar di berbagai penjuru nusantara seperti di wilayah Aceh, Sumatra dan Pulau Jawa. Pelajar dan Mahasiswa di pulau jawa tersebar di berbagai daerah misal : Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya dan Malang Jawa Timur.
Pada dasarnya, Pemuda, Pelajar dan mahasiswa simeulue yang ada di pulau jawa khususnya di Malang Provinsi Jawa Timur di ayomi oleh keluarga Tanah Rencong (KTR) dan Ikatan Pelajar Pemuda Mahasiswa Aceh (IPPMA) karena jumlah mahasiswa simeulue yang sangat sedikit. Namun dalam perkembangannya, satu persatu Putra dan Putri asal Simulue mulai berdatangan ke Malang untuk menuntut ilmu. Akhirnya, Bibi Sastro dan Teuku Hija Gunawan serta teman-teman lainnya berinisiatif untuk merancang sebuah organisasi yang di namakan Kesatuan Pelajar dan Mahasiswa Simeulue disingkat dengan KPMS.
Organisasi tersebut bertujuan untuk menciptakan persaudaraan antar pelajar dan mahasiwa asal simulue dalam sebuah wadah  organisasi yang bekerja sama dengan pelajar dan mahasiswa asal simulue di Surabaya. Namun, pengurus-pengurus KPMS aktif menjadi pengurus IPPMA sehingga membuat KPMS sulit untuk berkembang. Selain kendala tersebut, kurangnya kader mahasiswa asal Simeulue yang ada di Malang dan koordinasi yang sulit dengan teman-teman mahasiswa di Surabaya juga membuat organisasi ini jalan di tempat.
Di tahun ajaran 2010/2011 ternyata pelajar dan mahasiswa asal Simeulue di Malang kian bertambah. Pada awalnya mahasiwa Simeulue berkisar lima orang dan bertambah hingga berjumlah lima belas orang yang tersebar di berbagai kampus di Malang seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Tridharma dan Universitas PGRI Malang. Walaupun dalam jumlah komunitas mahasiswa simeulue di Malang masih sangat kurang namun tidak membuat semangat mereka pudar untuk mendirikan sebuah organisasi. Dengan semangat yang luar biasa dan kerjasama yang erat antar pelajar dan mahasiswa  Simeulue  di Malang sehingga mendeklerasikan sebuah organisasi yang diberi nama IPPELMAS-Malang. Oraganisasi ini sesungguhnya, lanjutan dari KPMS hanya di ubah nama menjadi IPPELMAS-Malang. Pergantian nama dari KPMS ke IPPELMAS Malang bertujuan untuk pemersatu pemuda, pelajar dan mahasiswa Simeulue di seluruh nusantara mulai dari Sabang hingga Meuroke dalam satu ikatan yaitu Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Siemulue (IPPELMAS).
Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simeulue Malang di deklerasikan pada hari sabtu tanggal 26 februari 2011 yang bertepatan pada tanggal 22 Rabiul awal 1432 H pukul 11:30 di Universitas Muhammadiyah Malang. Yang di didirikan oleh Bibi Sastro, Teuku Hija Gunawan, Wawan, Rohan, Sadak Hada Samami dan Moch. Hadidi serta teman-teman mahasiswa lainnya.
Berdirinya IPPELMAS di Malang bukan semata-mata memisahkan diri dari IPPMA. Namun, IPPMA adalah organisasi induk karena mengayomi seluruh pemuda, pelajar dan mahasiwa Aceh, sementara IPPELMAS Malang berada di bawah organisasi IPPMA dan anggotanya tetap ikut andil dalam kepengurusan IPPMA dan berpatisipasi dalam kegiatan IPPMA bahkan di anjurkan menjadi ketua IPPMA sekalipun.
Dengan adanya organisasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang terbaik untuk Pemuda, Pelajar, mahasiswa Indonesia umumnya dan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa asal Simeulue khususnya. Dan dapat dijadikan sebagai wahana perkumpulan mahasiswa asal simeulue di Malang dalam membentuk karakter dan menambah ilmu pengetahuan, sekaligus sebagai fasilitator masyarakat, pemuda, pelajar dan mahasiswa dari Simeulue yang ingin ke Malang untuk menuntut ilmu atau kegiatan lainnya. Sehingga mahasiswa dari Malang yang kembali ke pulau Simeulue ate fulawan untuk membangun Simeulue, tidak hanya mengandalkan hard skill namun juga memiliki kapabilitas dalam hal soft skill. Selain itu masyarakat Simeulue pun dipermudah jika hendak berkunjung ke Malang. Begitu juga dengan mahasiswa atau pelajar yang hendak menuntut ilmu ke Malang. Gunawan/Adid/Robby/Rohan/Sadak/Wawan/dkk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar