8 Mei 2012


TEH HITAM TURUNKAN KOLESTROL
Oleh
Muhammad Hadidi


Tahu tidak dengan teh hitam ? jika belum tahu, maka saatnya kita tahu bahwa teh hitam itu  memiliki banyak khasiat.Teh hitam memang tak jauh berbeda dengan teh hijau, teh celup dan lain sebagainya yang biasa dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Selain teh dapat mengurangi penyakit kanker, Teh juga merupakan minuman yang biasanya diminum di pagi hari atau malam hari yang dapat memberi kesegaran tersendiri untuk tubuh kita, terkadang menjadi suguhan hangat atau dingin untuk tamu di rumah.Setiap pagi teh menjadi sahabat untuk  menghilangkan  dingin di pagi hari,jangankan pagi, subuh pun juga menjadi waktu ternikmat untuk minum teh.Teh memang minuman yang saat ini popular, mendunia dan mendominasi masyarakat,khususnya masyarakat Jepang. Jepang atau biasa disebut dengan Negara Sakura tersebut sangat menghormati teh. Disana terdapat tempat khusus untuk minum teh dan upacara minum teh  secara alamiah.Begitu pun dengan teh hitam,Teh yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Indonesia dikenal sebagai produksi teh hitam terbesar ke lima di dunia. Produksi teh dunia didominasi oleh teh hitam sebanyak 78%,teh hijau 20% dan the oolong hanya 2%. Untuk teh hijau tanpa fermentasi sedangkan teh hitam menjalani fermentasi penuh.Teh hijau mengandung katein yang baik untuk kesehatan.Sedangkan teh hitam memiliki kandungan yang lebih  komplit, selain menggandung antioksidan dalam katekin, juga mengandung theaflovin.
Meskipun  katekin pada teh hijau lebih banyak.Theaflovin inilah yang menjadikan warna kemerahan  pada teh hitam dan berasa segar ketika diminum.
Kandungan theaflovin yang menjadikan teh hitam unggul.theaflovin memiliki laju penangkapan radikal bebas lebih tinggi daripada Epigalo Catechin Gallate yang ditemukan dalam teh hijau,Theaflovin juga dapat meningkatkn antioksidan alami dalam tubuh.Kekuatan anti oksidannya juga lebih kuat  dibanding  dengan vitamin E dan C. jika kita mengkonsumsi  dua teh hitam,bagus untuk melindungi jantung serta membantu mengurangi penumpukan  kolestrol sebanyak 40%.Pengurangan kolestrol ini bisa mencapai 70% jika kita mengkonsumsinya dua kali sehari.
Selama ini banyak mengganggap air  putih sajalah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan.padahal dengan minum teh hitam kita lebih banyak mendapat kandungan manfaatnya disbanding air putih. Dalam mengkonsumsi teh jangan takut untuk minum banyak karena dapat menyehatkan badan sama halnya dengan air putih. Jika air putih diminum 8 gelas tiap hari maka teh juga boleh diminum sebanyak itu. Khusus untuk orang yang bermasalah dengan kadar gula,gulanya dikurangi dalam pembuatannya.Begitu pula dengan wanita hamil disarankan agar tidak minum teh kental terlalu banyak.karena sifat teh yang dapat mengikat zat gizi tertentu yang dapat mengakibatkan wanita hamil terkena anemia.Jika kita menambahkan gula pada minuman teh, tidak akan merusak kandungan gizinya sebab satu sendok teh sama dengan 60 kalori.Mutu dari gizi teh selain dari kualitas dan harga teh itu sendiri,juga dipengaruhi oleh cara penyeduhan. Masukkan teh dalam air panas, kemudian di aduk-aduk untuk mempercepat penyerapan katekin.lebih baik teh diminum langsung ketika selesai disedu.Boleh juga minum teh dalam kemasan akan tetapi harus memperhatikan bahan pengawet yang ada didalamnya dan cara penyimpanannya. Teh  sebaiknya tidak terkena sinar matahari. Bagaimana sudah tahu bukan apa kandungan dan manfaat kesahatan dalam teh. Jadi selamat mencoba…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar