4 Apr 2012


BAGAIMANA CARA MELAMAR DALAM ISLAM

Pertanyaan:

Ass,,, Ustadz
saya Mo bertanya?
bagaimana cara melamar/meminang seorang gadis dalam islam...?
tolong dijelaaskan ustadz?
terima kasih sebelumnya...?
wss

Imam Hadi
Jawaban:
Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Ada dua alternatif dalam melamar. Anda bisa mengatakan kepada gadis pilihan Anda bahwa Anda punya niat yang serius dengannya untuk membentuk rumah tangga. Anda butuh jawaban yang tidak terlalu lama dan sekaligus memintanya untuk menyakan kepada orang tuanya. Ini sebuah alternatif.

Alternatif lainnya adalah Anda berkenalan dengan orang tuanya dengan cara yang baik dan sopan sebagaimana yang berlaku dalam kebiasaan keluarga itu. Lalu Anda sampaikan bahwa Anda selama ini telah mengenal putrinya dan kalau dibolehkan, Anda bermaksud untuk menjalin hubungan yang lebih lanjut untuk membangun rumah tangga.

Teknik ini mungkin saja mengagetkan gadis itu sebab tanpa ada isyarat tiba-tiba dirinya dilamar begitu saja. Tetapi bukan berarti tidak mungkin, sebab dahulu hal ini juga terjadi pada orang tua kita.

Silahkan Anda tanyakan kepada lingkungan kebiasaan yang ada pada gadis Anda itu dan tawarkan beberap alternatif yang bisa membuat suasana lebih baik.

Lalu, sebelum melamar, dianjurkan agar Anda benar-benar mengetahui hal mendasar tentang gadis yang akan dipinang. Misalnya tentang agamanya, akhlaknya, serta wajahnya. Tentu saja hal itu dilakukan dengan cara yang sesuai syariat; bukan dengan cara pacaran seperti yang lazim dikenal saat ini.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar