Oleh
Muhammad Hadidi
A. Model Evaluasi dan Penugasan Berjenjang :
Ø
Evaluai 6 bulan
Metode : Screning, debat kader dan pembuatan artikel
Ø
Evaluasi 1 tahun
Metode : Screning, pembuatan artikel
B. Sistem Pengawasan dan Pendampingan :
Proses pendampingan terhadap kader menjadl sangat penting dalam rangka
mendukung proses satu tahun yang digagas diatas menuju kehadiran kader.
Proses ini dilakukan dengan metode :
- Pendampingan secara cultural dengan model *Kakak asuh*, 5 kader 1 orang senior pendamping.
- Membangun jaringan pengaman kader persektor wilayah sesuai tempat tinggal dan domisili kader dengan pendamping dan pengaws yang ditunjuk oleh komisariat.
C. Senior Course :
Metode –metode pembinaan dan sistem evaluasi di atas bermuara pada Senior
Course sebagai pelatih dan pematangan akhir bagi setiap calon senior dan calon
pimpinan komisariat yang diseleksi melalui beberapa tahapan selama proses 1
thun sehingga siap dilepas untuk berproses secara mandiri.
Target :
1. Membangun komitmen, loyalitas, tanggung
jawab dan kemandirian
2. Pematangan kepemimpinan dan manajerial
kader
3. Penguatan pemikiran kader
Materi : Lidership dan pemikiran
Syarat :
1.
Mengikuti tahapan
evaluasi 6 bulan dan 1 tahun
2.
Mengikuti kursus
teologi dan filsafat
3.
Mengikuti kursus
politik dan ideologi
4.
Mengikuti diklat
penelitian
5.
Mengikuti diklat
kepemimpinan dan manajemen organisasi
6.
Mengikuti diklat
jurnalistik
7.
Mengikuti kajian
keagamaan
8.
Aktif pada forum
kajian-kajian rutin/bedah buku/sekolah kader
9.
Memiliki minimal 10
referensi
*( Untuk diklat dan kursus
minimal mengikuti 3 diklat/kursus )
Pelaksana :
1.
Kordinator komisariat
2.
Gabungan beberapa
komisariat berdasarkan kesepakatan
3.
Cabang
Silabus Materi
Materi
|
Tema
|
Sub Tema
|
Materi I
|
Rekontruksi
Filsafat Ilmu
|
Ø
Arti Penting
Ø
Metode Berfikir
Ilmiah, Sistematis
Ø
Prsyarat Keilmuan (
Filsafat )
Ø
Kesalahan Dalam
Berfikir
|
Materi II
|
Wahyu, Filsafat dan
Akal
|
Ø
Reposisi Wahyu,
Filsafat dan Akal
Ø
Implikasi Teologis
dan Rasional
Ø
Kontribusi Bagi
Pengembangan Peradaban
|
Materi III
|
Teori-Teori Sosial
|
Ø
Macam-Macamnya :
§
Konflik
§
Struktural
§
Post Struktural
Ø
Pokok Ajaran dan
Tokoh
Ø
Relevansi Bagi Masa
Kini dan Masa Depan
|
Materi IV
|
Ilmu Sosial
Profetik
|
Ø
Sejarah
Dimunculkannya
Ø
Sistematika
Ajarannya
Ø
Nilai Penting
|
Materi V
|
Ideologi-Ideologi
Besar Dunia
|
Ø
Macam-Macamnya :
§
Kapitalisme
§
Sosilisme
§
Komunisme/Marxisme
Ø
Sejarah
Ø
Tokoh dan
Ajarannya/Dokrinnya
Ø
Sistematika/Struktur
|
Materi VI
|
Hemeneutika
|
Ø
Sejarah
Ø
Aliran/Tokoh
Ø
Pokok Ajaran
Ø
Kontribusi Bagi
Perkembangan Intelektualitas
|
Materi VII
|
Spiritualitas
|
Ø
Kelahirannya Dalam
Pentas Modernitas
Ø
Ruang Lingkup
Ø
Spiritualitas dalam
Agama Langit
Ø
Nilai Strategis
|
Materi VIII
|
Sekularitasme
|
Ø
Sejarah
Ø
Sekularisme dan
Sekularisasi
Ø
Tanggapan
Agama-Agama
Ø
Nilai Strategis
Ø
Kontribusinya dan
Sikap Kita
|
Materi IX
|
Filsafat Perennial
|
Ø
Sejarah
Ø
Tokoh dan Ajarannya
Ø
Dimensi Perennial
Dalam Agama
Ø
Kontribusi Bagi
Pewujudan Tata Dunia Yang Harmonis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar