Oleh:
Immawan Muhammad Hadidi
Tujuan
§ Memiliki ketrampilan manajemen sepadan dengan tingkat
tanggung jawabnya masing-masing.
§ Memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri dan
sifat-sifat dan kemampuan berorganisasi.
§ Memiliki dan mampu mengembang kan sikap yang
berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
§ Mampu menerapkan dan mengem bangkan
kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
§
Mampu menerapkan
kesadaran dalam berorganisasi.
No
|
Jenjang
|
Sifat
|
Tujuan
|
Waktu
|
1.
|
Pra Dasar
|
Semua kader.
|
§ Pengembangan wawasan dan sifat sifat ilmiah.
§
Manajemen pribadi.
|
14
|
2.
|
Dasar
|
Pimpinan
Komisariat.
|
§ Manejemen Kegiatan.
|
20
|
3.
|
Menengah
|
Pimpinan Cabang.
|
§ Manajemen Organi sasi.
|
32
|
4.
|
Lanjutan
|
Pimpinan daerah.
|
§ Manajemen Opini Publik.
|
36
|
Tingkat Pra Dasar
(Pengembangan
Wawasan dan Sikap Ilmiah)
Modul/Materi
|
Topik/Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1. Sifat Kritis
|
1. Persepsi.
2. Kesalahan-kesalahan berpikir.
|
Eksperimen
Latihan
|
90’
90’
|
2. Ketrampilan Berkomunikasi
|
1. Mendengar aktif.
2. Berbicara efektif.
|
Latihan
Latihan
|
90’
90’
|
3. Pola Berpikir Prestatif
|
1. Dasar konsep AKU.
2. Sasaran, Resiko dan Kosekuensi.
|
Ceramah
Eksperimen
|
60’
120’
|
4. Pengenalan dan Pengembangan diri
|
1. Pengenalan diri.
2. Pengembangan diri.
3. Pribadi dan Organisasi.
|
Ceramah dan Latihan
Eksperimen
|
60’
60’
120’
|
A. Tingkat Dasar
(Manajemen
Kegiatan)
Modul/Materi
|
Topik/Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1. Perumusan gagasan awal.
|
1. Analisis kondisi lingkungan.
2. Perumusan gagasan awal.
|
Latihan dan penugasan.
Latihan dan
penugasan.
|
120`
60`
|
2. Penjabaran rencana kerja dan
kepanitiaan.
|
1. Tolok ukur keberhasilan.
2. Perencanaan jadwal kerja.
3. Pengorganisasian kegiatan/kepanitiaan.
4. Komunikasi antar unit kerja.
5. Penjabaran gagasan awal.
|
Ceramah & latihan.
Latihan .
Eksperimen.
Eksperimen.
Penugasan.
|
60`
120`
120`
120`
30`
|
3. Administrasi kesekretariatan.
|
1. Administrasi kesekretariatan.
2. Administrasi keuangan.
|
Ceramah.
Ceramah.
|
60`
60`
|
4. Teknik pengendalian motivasi.
|
1. Hakikat motivasi.
2. Pengambilan keputusan.
3. Pengendalian konflik.
|
Ceramah.
Latihan.
Eksperimen.
|
60`
90`
120`
|
5. Pengembangan program kerja.
|
1. Teknik penyusunan usulan kegiatan.
2. Penyempurnaan usulan kegiatan.
|
Ceramah.
Penugasan.
|
60`
60`
|
Tingkat Menengah
(manajemen
organisasi)
Modul/Materi
|
Topik/Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
Pengembangan
wawasan.
|
1.
Etika diskusi
ilmiah.
2.
Gaya kerja.
3.
Topik pilihan I.
4. Topik pilihan II.
|
Ceramah.
Ceramah &
simulasi.
Ceramah.
|
120`
120`
120`
120`
|
2.
Pengembangan
sikap dan ketrampilan.
|
1.
Hakikat
organisasi.
2.
Klasifikasi
masalah organisasi.
3.
Pengukuran
kinerja organisasi.
4.
Perumusan
masalah.
5. Penyusunan rencana pengembangan organisasi.
|
Ceramah.
Curah pendapat
Ceramah.
Latihan, Diskusi, dan Kunjungan
lapangan.
Diskusi.
Diskusi.
|
120`
120`
60`
120`
120`
360`
180`
180`
|
D. Tingkat Lanjutan
(Manajemen Opini Publik)
Topik Bahasan
|
Sub Topik Bahasan
|
Metode
|
Waktu
|
1. Nasionalisme dan globalisasi
|
1. Sejarah perkembangan bangsa-bangsa.
2. Interdependensi dan pembagian peran.
3. Heterogenitas dan kemungkinan konflik
horizontal.
4. Mutual trust.
|
Tugas mandiri.
Kerja kelompok.
Diskusi pleno.
Ulasan ahli.
|
360`
|
2. Nilai dan Visi masa depan.
|
1. Demokrasi.
2. Humanitas.
3. Hak asasi manusia.
|
Tugas mandiri dan diskusi.
|
120`
|
3. Indikator kesejahteraan.
|
1. Ekonomi.
2. Pendidikan.
3. Kesehatan.
|
Tugas mandiri, diskusi dan Ulasan Ahli.
|
120`
|
4. Sistem swabina.
|
1. Pengertian sistem
2. Ciri-ciri sistem
3. Pengembangan sistem
|
Ceramah singkat. Tugas mandiri dan diskusi.
|
120`
|
5. Analisa dan diagnosis situasi.
|
1. Macam & sumber data/informasi.
2. Analisa data.
3. Diagnosis dan solusi.
|
Tugas mandiri.
Kunjungan
lapangan, dan diskusi.
|
720`
|
6. Manajemen wacana publik.
|
1. Analisa wacana.
2. Strategi sosialisasi wacana.
|
Tugas mandiri.
Ceramah, diskusi,
dan presentasi.
|
720’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar